News Update :
Home » , » Mengenal Tentang Microcontroler

Mengenal Tentang Microcontroler

Penulis : Keluxs ID on Friday, March 6, 2015 | 4:09 PM

Pengertian Microcontroller adalah komponen elektronika yang didalamnya terkandung sistem interkoneksi antara Mikroprosesor, RAM, ROM, I/O interface, dan beberapa peripheral. Mikrokontroler disebut juga On-chip-Peripheral. (wikipidia)





Kalau berdasarkan Etimologis atau Istilah

Micro = sesuatu yang berukuran kecil, bahkan tak terlihat oleh mata telanjang
Control = mengendalikan, maka
Controller = pengendali sesuatu
Mocrocontroller = pengendali yang berukuran mikro

Jadi, Microcontroller adalah sesuatu komponen elektronika yang di dalamnya terdapat komponen-komponen yang sangat kecil yang dapat diisi progam sendiri (dengan bahasa pemograman assembly*) yang digunakan untuk mengendalikan sesuatu. Penggunaan microcontroller tidak lagi memerlukan komponen tambahan karena di dalamnya sudah terdapat RAM, ROM, CPU, dan input output.

Microcontroller memiliki beberapa bagian atau saluran yang terdapat di dalamnya. Bagian bagian microcontroller tersebut yaitu Input/ Output (I/ O), Central Processing Unit (CPU), Memory, Read Only Memory (ROM), dan Random Acces Memory (RAM).


Software Untuk Virtual Microcontroler

1. Bascom-AVR = Download
2. Khazama AVR Programmer = Download
3. Proteus 7.7 (Simulasi Desain) = Download Password : www.network-campus.tk


Penjelasan :


  • Bahasa pemrograman basic terkenal didunia sebagai bahasa pemrograman yang handal. Sangat bertolak belakang dari namanya basic, bahasa ini sebenarnya bahasa yang memiliki kemampuan tingkat tinggi. Bahkan banyak para programer terkenal dunia memakai bahasa pemrograman ini sebagai senjata ampuhnya. Bahasa pemrograman basic banyak digunakan untuk aplikasi mikrokontroler karena kompatibel oleh mikrokontroler jenis AVR dan didukung dengan compiler pemrograman berupa software BASCOM AVR. Bahasa basic memiliki penulisan program yang mudah dimengerti walaupun untuk orang awam sekalipun, karena itu bahasa ini dinamakan bahasa basic. Jenis perintah programnya seperti do, loop, if, then, dan sebagainya masih banyak lagi.
  • Khazama Programmer adalah sebuah software yang biasa digunakan oleh para pecinta elektronik mikrokontroler untuk mengunduh atau bahasa kerennya mendownload program yang telah dibuat dari misalnya, Bascom AVR, AVR Studio atau masih banyak lagi untuk di transfer pada rangkaian elektronik yang menggunakan mikrokontroler. 
  • Proteus 7 adalah sebuah software untuk mendesain PCB yang juga dilengkapi dengan simulasi pspice pada level skematik sebelum rangkaian skematik diupgrade ke PCB shingga sebelum PCBnya di cetak  kita  akan tahu apakah PCB yang akan kita cetak sudah benar atau tidak. Proteus mengkombinasikan program ISIS untuk membuat skematik desain rangkaian dengan program ARES untuk membuat layout PCB dari skematik yang kita buat. Software ini  bagus digunakan untuk desain rangkaian mikrokontroller. Proteus juga bagus untuk belajar elektronika seperti dasar2 elektronika sampai pada aplikasi mikrokontroller. Software ini jika di install menyediakan banyak contoh aplikasi desain yang disertakan sehingga kita bisa belajar dari contoh2 yang sudah ada

Itulah penjelasan tentang beberapa pengenalan dasar tentang Microcontroler. Semoga Anda bisa memahami dan bermanfaat bagi Anda, terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel saya sampai jumpa.
Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy
Copyright © 2015. Network Campus . All Rights Reserved.
Design Template by Keluxs ID | Support by creating website | Powered by Blogger